Selasa, 10 Februari 2015

contoh makalah MAKALAH SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER


MAKALAH SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER DARI AWAL HINGGA SAAT INI ( ARIADI’S DUTY )
KATA PENGANTAR

   Segala puji bagi Allah SWT yang telah menganugerahkan kepada kita semua buah kecerdasan yaitu otak, dengan kapasitor memori yang besar, sehingga kita sebagai khalifah di muka bumi ini, merupkan makhluk yang paling mulia derajatnya dari sebaik-baik kejadian dari semua makhluk yang diciptakan Allah.

   Shalawat dan salam senantiasa terpanjatkan kepada Nabi kita Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari alam kegelapan menuju dunia yang terang benderang, sampai dengan saat ini. Alhamdulillahirobbil alamin, dalam kesempatan kali ini penulis beserta kolega nya telah menyelesaikan satu buah makalah yang berjudul “ Sejarah perkembangan komputer dari awal hingga sekarang” makalah ini dibuat sebagai tugas kelompok mata kuliah  Aplikasi Komputer, yang dalam hal ini sekaligus bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai sejarah komputer canggih yang kita gunakan sekarang pada masanya dulu.

  Tidak banyak kata yang dapat diutarakan penulis, mengingat manusia adalah tempatnya salah, oleh sebab itu kami sadar bahwa makalah ini memiliki kekurangan dan kelebihan. Sehingga kritik dan saran dari pembaca sangat di harapkan.





Palembang, 23 oktober 2013





                                                                                                       Penulis









i

BAB 1



A.    LATAR BELAKANG


   Menapaki kehidupan yang kian menggeliat akan kemajuan dan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi, tentu saja mengundang banyak cendikiawan untuk terus bereksplorasi dan berlomba lomba menciptakan teknologi terbaru kian mudah dan praktis. Pada dasrnya komputer yang kita gunakan saat ini, tidak serta merta datang begitu saja, melainkan melalui beberapa tahapan yang kompleks dalam evolusinya.

   Kita bisa saja mengingat kembali mengenai sejarah Abacus, ditemukan di Babilonia irak. Sekitar 5000 tahun yang lalu. Sebagai alat manual hitungan yang pertama. Baik bagi kalangan sekolah atau pedagang pada saat itu. Lalu pada tahap selanjutnya, telah banyak ditemukan berbagai jenis alat hitung mekanikal, seperti pascaline, yang ditemukan oleh blaine pascal pada tahun 1642. Arithometer oleh charles xavier thomas  de colmar pada tahun 1820. Babbages folly oleh charles babbage, pada tahun 1822. Dan hollerith, oleh herman hollerith, pada tahun 1889. Kesemuanya masih berbentuk mesin sepenuhnya, tanpa tenaga listrik. Ukuran dan struktur komputernya masih berdasarkan tingkat kerumitan dan pola pengoperasian perhitungan yang dilakukan.

    Sampai akhirnya, barulah pada tahun 1940, era komputer elektrik dimulai. Sejak ditemukannya penemuan komputer elektrik yang menerapkan sistem operasi aljabar boolean.



B.     TUJUAN
  Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk memberikan pemahaman konsep kepada pembaca terhadap perkembangan komputer dari generasi ke generasi.



C.    RUMUSAN MASALAH


  Berdasarkan gambaran dari latar belakang dan pendahuluan diatas, boleh jadi akan timbul beberapa pertanyaan seperti berikut, yakni :

Bagaimana kronologi perkembangan komputer selengkapnya beserta manfaat diciptakannya beragam jenis komputer dari masa ke masa?                                  
BAB 2

PEMBAHASAN



A.    Pengertian komputer


   Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.



   Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang coco

Tidak ada komentar:

Posting Komentar